topbella

Rabu, 07 Mei 2014

PENGERTIAN MERGER, KONSOLIDASI, DAN AKUISISI NESERTA CONTOH DAN ALASANNYA



1 Apakah yang di maksud dengan:
-          Merger
-          Konsolidasi
-          Akuisisi
2  Sebutkan alasan perusahaan tersebut melakukan kegiatan tersebut


JAWABAN :

1Merger adalah proses difusi atau penggabungan dua perseroan dengan salah satu di antaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut.

Contoh perusahaan yg melakukan Merger :
-          Merger Bank Lippo dan Bank Niaga
-          Bank Danamon Bank Tiara, PT Bank Duta Tbk, PT Bank Rama Tbk, PT Bank Tamara Tbk, PT Bank Nusa Nasional Tbk, PT Bank Pos Nusantara, PT Jayabank International dan PT Bank Risjad Salim Internasional.

Konsolidasi adalah dua buah perusahaan yang bergabung bubar demi hokum dan sebagai gantinya didirikan suatu perusahaan dengan nama yang baru meskipun secara financial perusahaan baru tersebut mengambil alih asset hak dan kewajiban dari 2 perusahaan yang bubar tersebut
Contoh perusahaan yang melakukan konsolidasi
-          BBD (Bank Bumi Daya)
Bank Bapindo
Bank Dagang Negara
Bank Exim
Menjadi Bank Mandiri
-          PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) dan PT Smart Telecom (Smart) menjadi SmartFren

Akuisisi / pengambil alihan : pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau asset suatu perusahaan oleh perusahaan lain, dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambilalih atau yang diambil alih tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.
                Contoh perusahaan yang melakukan akuisisi :
-          Aqua yang diakuisisi Danone
-          BenQ terhadap Siemens



Alasan Merger Bank Lippo dan Bank NIaga karena kedua bank tersebut masi tergolong bank kecil dan untuk membuat bank tersebut dapat bersaing di persaingan global maka kedua bank tersebut melakukan merger. 

Bank Danamon Bank Tiara, PT Bank Duta Tbk, PT Bank Rama Tbk, PT Bank Tamara Tbk, PT Bank Nusa Nasional Tbk, PT Bank Pos Nusantara, PT Jayabank International dan PT Bank Risjad Salim Internasional melakukan Merger karena untuk keluar dari krisis yang melanda asia pada tahun 1998, Karena itu Bank DAnamon melakukan Merger dengan Bank-Bank tersebut untuk keluar dari krisis tersebut.

Alasan konsolidasi BBD (Bank Bumi Daya) ,Bank Bapindo, Bank Dagang Negara, Bank Exim, menjadi Bank Mandiri karena sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.

Alasan konsolidasi  PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) dan PT Smart Telecom (Smart) menjadi SmartFren karena PT. Smart Telecom sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendanaan industry dan PT. Mobile-8 Telecom setuju untuk menerima pendanaan tersebut dan melakukan konsolidasi.

Alasan Aqua di akuisisi oleh danone karena ketatnya persaingan dan munculnya pesaing-pesaing baru , akhirnya Aqua menjual sahamnya kepada Danone pada 4 September 1998 untuk bisa berkompetitif di  pasar Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

BenQ di akuisisi oleh  Siemens karena pada tahun 2005 Siemens mengalami kerugian sebesar 170 US$, Kerugian yang didapat tersebut kemudian memaksa Siemenas menjual saham pada BenQ yang kemudian BenQ akan menggunakan merek Siemens dalam produknya selama lima tahun sebagai akibat dari perjanjian akuisisi tersebut.

8 komentar: